Social Icons

Sunday, June 14, 2015

UNY Menggelar Pelatihan Membuat Batik Untuk Dharma Wanita

Dharmawanita Fakultas Teknik (FT) UNY mengadakan pelatihan membatik dari rumah Batik Morinda, Solo.

Pelatihan itu didampingi oleh Dr Sarah Rum Handayani dosen Tekstil dari UNS, dengan menekankan pada proses serta pewarnaan batik. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi ke keluarga Wakil Dekan II FT UNY Dr Dwi Rahdiyanta yang juga berdomisili di Solo.

Bruri Triyono selaku ketua Dharmawanita FT UNY menjelaskan bahwa kegiatan itu sebagai ajang untuk memperkuat rasa persaudaraan antara keluarga besar FT UNY. ”Kita berharap Dharmawanita bukan hanya menjadi kegiatan milik ibu-ibu saja namun dharmawanita diharapkan menjadi wadah untuk berkumpul seluruh keluarga di FT UNY,” tuturnya.

Itu juga baru kali pertama kegiatan Dharmawanita dilaksanakan di luar kampus agar ada nuansa dan suasana baru sehingga diharapkan makin meningkatkan kebersamaan diantara keluarga besar FT UNY.

Dr Sarah Rum Handayani sebelum memulai pelatihan menjelaskan tentang jenis-jenis pewarna yang biasa digunakan dalam membatik serta keunggulan-keunggulannya. Pihaknya menjelaskan bahwa cukup banyak pewarna yang menggunakan bahan alami seperti secang yang mampu memberikan warna merah yang cukup kuat.

”Adanya produk pewarna alami fungsional ini, dapat menghindari dampak-dampak yang ditimbulkan dari pemakaian pewarna sintesik,” jelasnya.

Setelah mendapat serangkaian penjelasan, ibu-ibu Dharmawanita FT UNY pun langsung melakukan praktik dari mewarnai, pewarnaan hingga pencelupan akhir kain batik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates